Senin, 26 Januari 2009

CARA MENJADI ORANG YANG BERGUNA

Posted by Alumni STAI Kapuas 16.04, under | No comments

By Ahmad Subhan Ar-rasyidi

Semua orang ingin berguna atau bermanfaat bagi orang lain. Kita ingin merasa dibutuhkan, kompeten - seperti kita sedang membuat suatu perbedaan, walaupun dalam bentuk yang kecil. Beberapa orang di sekitar kita ada yang sangat bermanfaat bagi orang lain. Mereka adalah orang-orang yang dituju oleh setiap orang saat bantuan dibutuhkan. Mereka adalah orang-orang yang membuat kita merasa berguna hanya karena kita mengenal mereka - saat ada sesuatu untuk dikerjakan, kita dapat mengatakan “Oh, saya tau dia dapat mengerjakannya!”
Mereka belum tentu orang yang lebih pintar, lebih memiliki koneksi, atau kompeten - apa yang membuat mereka sangat berguna adalah sikap mereka. Mereka tidak hanya menolong, tetapi mereka juga dapat membuat orang lain merasa nyaman. Membutuhkan pertolongan membuat seseorang merasa tidak berdaya dan tidak berguna - namun orang-orang ini dapat membalikan-nya dan membuat kita merasa kaya.
Berikut adalah tips untuk membuat diri anda menjadi orang yang sangat berguna:
1. Bagikan apa yang anda tau: Terbukalah kepada orang-orang mengenai kekuatan dan pengetahuan anda. Biarkan orang lain tau bahwa anda memiliki kemampuan untuk menolong saat ada seseorang yang kesusahan. Banyak orang yang tau mengenai banyak hal, namun tidak mau repot untuk memberitahu yang lain.
2. Percayalah kepada diri anda: Saat kita kurang percaya diri, kita akan membuat alasan untuk tidak menolong orang lain. Orang yang sangat berguna tidak pernah membuat alasan - mereka lompat kedalam masalah dan melakukan segala sesuatu dengan kemampuan terbaik mereka.
3. Pecahkan masalah: Segeralah tolong mereka yang sedang menghadapi masalah, tanpa mempertanyakan atau membuat penilaian kepada apa yang membawa mereka pada masalah tersebut.
4. Berikanlah dengan ikhlas: Kita akan selalu mengingat akan jasa seseorang yang bersedia menolong kita lebih jauh. Kita juga akan mengingat akan siapa yang menolong dengan terpaksa. Jadi ingatlah untuk melakukan-nya dengan sukarela.
5. Puaskan rasa penasaran anda: Lihatlah setiap peluang yang ada sebagai kesempatan untuk belajar sesuatu yang baru, untuk memperluas pengetahuan dan kompetensi anda.
6. Dengarkan orang lain: Orang yang tidak dapat berbuat sesuatu, seringkali akan memiliki rasa sakit secara emosional; dengarkan mereka dan selalu sediakan bahu anda untuk mereka.
7. Jangan mengambil alih: Memang menggoda untuk menyingkirkan seseorang dan mengambil alih perkerjaan untuk diri anda. Namun hal ini akan membuat seseorang merasakan perasaan tidak enak. Sebisa mungkin, bekerjalah bersama mereka dan tunjukan bahwa anda menghargai keahlian dan perspektif mereka dalam pekerjaan tersebut.
8. Tau kapan berhenti: Saat masalah terpecahkan, kembalikan apa yang anda kerjakan kepada orang yang anda Bantu. Mereka akan mengerti apa yang harus dikerjakan saat mereka telah mengatasi bagian yang sulit - berikan mereka kesempatan untuk mempraktekan kemampuan dan bakat mereka.
9. Ajarkan, bukan beritahu: Sebisa mungkin, jelaskan apa yang sedang anda lakukan dan mengapa. Biarkan orang yang anda bantu menerima informasi untuk menyelesaikan masalah yang ada. Jangan berasumsi karena anda adalah pakar, maka hanya anda yang dapat menyelesaikan masalah yang ada.
10. Peka-lah terhadap perasaan dan keterbatasan orang lain: Bantulah orang lain melewati masalah dengan persaan lebih baik, bukan lebih buruk. Mengertilah bahwa saat seorang membutuhkan bantuan, mereka sedang menurunkan harga diri mereka. Jangan taruh mereka pada posisi tersebut dan pastikan mereka tidak membuat diri mereka merasa kecil.
11. Mintalah bantuan: Berikan orang lain kesempatan untuk menunjukan kemampuan mereka pada area yang mereka bisa saat anda sedang membutuhkan pertolongan.
12. Jadilah orang yang dapat diandalkan: Saat anda berkomitmen untuk menolong seseorang, lakukanlah dengan baik. Jangan melakukannya karena anda merasa dibutuhkan.
Menjadi orang berguna, bukan berarti anda membiarkan diri anda untuk dimanfaatkan. Namun itu berarti, anda menawarkan apa yang dapat anda lakukan, saat anda bisa melakukannya, dan anda melakukannya dengan sukarela. Ini berlaku untuk segala sesuatu, apakah anda menolong seorang teman, bekerja dalam tim, membuat perintah, atau apapun - buatlah sebuah batas, namun dalam batas tersebut selalu sediakan diri anda untuk membantu.
Banyak orang yang sangat berguna - mereka mengerjakan apa yang harus mereka kerjakan dan menyelesaikan masalah yang harus diselesaikan. Orang-orang ini akan dipertahankan dalam perusahaan tempat mereka bekerja, dalam organisasi, dan oleh klien yang mereka layani, oleh teman dan keluarga, dan dalam masyarakat secara luas, karena mereka bukan hanya menyelesaikan masalah dan membuat segala sesuatu bekerja dengan baik, namun mereka juga membangun hubungan selama perjalanan.

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan klik disini