Minggu, 01 Februari 2009

Dzikir Bersama Ustadz Jeffry Al Buchori

Posted by Alumni STAI Kapuas 14.19, under | No comments


ITULAH sebait shalawat yang dilantunkan Ustadz Jeffry Al Buchori. Singkat, tapi penuh makna. Apalagi dibawakan dengan suaranya yang serak-serak basah plus nada dangdut ala lagu Jablay dari tembangnya Titi Kamal. Alhasil, salawat versi Jablay kian merakyat.

Ustadz muda yang akrab disapa Uje ini memang gaul. Buktinya, ribuan warga Kota Kuala Kapuas yang memadati Lapangan Bukit Ngalangkang, Kamis (27/4) malam, seakan tak ingin tausiyah yang disampaikan Uje segera berakhir. "Setengah jam lagi..," ujarnya menggantung ucapan.

Spontan, nada kecewa hadirin membahana. Mendengarnya, buru-buru Uje melanjutkan kalimat, "Maksud saya, setengah jam lagi saya mau minum." Kontan saja lontaran itu disambut gerr meriah.
Ustadz yang pernah melakoni dunia layar lebar ini hadir di Kota AIR dalam rangkaian peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar Nahdhatul Ulama (NU) Kapuas bersama segenap organisasi sayapnya. Organisasi itu antara lain Muslimat, Fatayat, PMII, GP Anshor, IPPNU, serta lainnya.

Dalam tausiyahnya, Uje menekankan pentingnya meneladani sifat dan perilaku Nabi Muhammad dalam kehidupan. Sifat dan perilaku yang harus ditiru oleh seorang hamba, demi keselamatan serta kebahagiaan di dunia hingga akhirat.
Di antara perilaku nabi yang disampaikan Uje, yakni kesederhanaan, perhatian dan kasih sayangnya yang luar biasa terhadap istri maupun sesama. Bahkan begitu besarnya perhatian yang ditunjukkan, kata dia, nabi selalu menyediakan kakinya untuk diinjak sang istri ketika akan menaiki punggung onta.

Uje juga menyentil tentang pendidikan bagi anak-anak sekolah yang lebih mementingkan ilmu keduniaan, sementara pendidikan agama yang menjadi dasar pembentukkan akhlakul karimah, seakan kurang mendapat prioritas.

"Bagaimana anak memiliki akhlak yang baik, kalau pelajaran agamanya saja cuma satu jam. Makanya sekarang banyak yang korupsi," sindirnya. subhan albanjari

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan klik disini